Cara Pembuatan Nata de Coco yang Praktis

Mengenal Nata de Coco

Nata de coco merupakan produk yang dihasilkan dari proses fermentasi air kelapa. Dalam pembuatannya, diperlukan bantuan aktivitas bakteri Acetobacter xylinum, yang merupakan komponen paling penting dalam proses pembentukan nata. Makanan mirip jelly dan berwarna putih bening ini biasa disajikan sebagai hidangan penutup maupun selingan dalam minuman.
Saat ini, nata de coco sudah sangat populer. Namun, mungkin belum banyak orang yang mengenal asal-usulnya. Minuman yang di Indonesia juga sering disebut sebagai sari kelapa ini memiliki rasa khas air kelapa, tetapi lebih manis karena dalam pembuatannya dilakukan penambahan gula. Bentuknya tidak lagi cair, melainkan padat dan kenyal.
Menurut asal-usulnya, nata de coco pertama kali dikenal oleh orang Filipina. Meski demikian, nama nata de coco sendiri bukan berasal dari bahasa Tagalog, bahasa resmi negara Filipina. Nata de coco berasal dari dari bahasa Latin, yang merupakan bahasa ibu orang Spanyol. Hal ini tidak mengherankan, karena Filipina sendiri merupakan koloni Spanyol.


cara pembuatan nata de coco
endala bahan baku ini kemudian membuat para pengusaha nata de pina memutar akal, mencari bahan baku lain. Mereka berharap bisa menemukan bahan baku lain yang juga bisa diolah menjadi produk nata, tetapi mudah diperoleh, tersedia sepanjang tahun tanpa mengenal musim, dan harganya terjangkau.Di saat yang sama, di Indonesia juga sedang gencar-gencarnya mengembangkan industri pengolahan kelapa, terutama kopra dan minyak goreng. Karena hanya diambil daging buahnya, pengolahan kelapa menjadi kedua produk tersebut menyisakan banyak limbah, seperti sabut, batok, dan air kelapa. Limbah tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.
Para pengusaha nata kemudian melihat peluang dari banyaknya air kelapa yang terbuang sebagai limbah industri kopra dan minyak goreng. Mereka mencoba memanfaatkannya untuk diolah menjadi nata  dan ternyata berhasil. Air kelapa yang semula dianggap limbah dan terbuang percuma berhasil diubah menjadi produk baru yang dikenal dengan nama nata de coco.

Sumber : https://ramesia.com/cara-pembuatan-nata-de-coco/

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Siomay Ikan Kakap

Peluang Usaha Kopi Franchise yang Menguntungkan