Cara Membuat Mie Ayam yang Menggoda Lidah

Sejarah Mie Ayam
Sejarah Mie Ayam - cara membuat mie ayam
tokopedia.com
Mie ayam berasal dari negara Cina Selatan terutama daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Pada tahun 1870 terjadilah gerakan imigrasi besar orang-orang Arab dan Cina ke pulau Jawa yang disebabkan oleh politik keterbukaan imigran Pemerintahan Hindia Belanda sehingga berkempang pula pemukiman penduduknya.

Dengan kedatangan warga Cina inilah menyebabkan bermunculanya ragam makanan. Awalnya sebelum mie ayam hadir masakan yang cukup terkenal adalah “Caudo” atau kita mengenalnya dengan sebutan soto. Dulu “caudo” hanya dikenal di Lamongan dan Kudus saja.

Jenis caudo ini memiliki kuah yang bening.Tapi lama kelamaan kuah soto Kudus dan Soto Lamongan tidak sebening di awalnya, karena inovasi dan penambahan bumbu-bumbu (terutama `koya’ yang terbuat dari udang tumbuk seperti ebi).

Setelah era soto pada 1880 pada suatu perayaan Cap Go Meh di Semarang, Kong Koan mengundang ahli masak masakan cina untuk berlomba. Bahan dasar yang digunakan tersebut adalah mian (mie) berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras, mifen (bihun), mian xian (misoa), lumian (lomi), guotiao (kwetiau) dan juga ravioli alias bianshi atau yang kita kenal sebagai Pangsit.

Selain bahan berbasis tepung beras lomba itu juga menyajikan perlombaan masak jenis-jenis tim sum (dim sum) seperti ruo bao (bapao), ruo zong (bacang), nunbing (lumpia). Yang memenangkan lomba untuk kategori bahan dasar terigu dan tepung beras adalah peranakan dari Batavia dan pemenang kategori Tim Sum adalah seorang ibu peranakan Cina dari Bandung.

Mie Ayam menjadi salah satu type makanan yang dapat disebut telah  menjamur di kelompok masyarakat. Tidak sama dengan type mie pada umumnya, tetapi mia ayam biasanya dilengkapi dengan bermacam type makanan pelengkap seperti ayam, kuah yang cukup kental, serta sawi dan lain sebaginya.

Mie ayam telah banyak ditemukan di berbagai tempat seperti di tepi jalan besar serta di jual dengan harga yang cukup variatif namun masih tetap sesuai sama ukuran kantong. Mie ayam tak cuma dapat dibeli, tetapi juga dapat dibuat sendiri. Menarik bukan?

Karena mudahnya membuat mie ayam, nyaris ditiap daerah akan kamu dapati ratusan bahkan ribuan warung mie ayam dengan beragam variasi dan rasanya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Mie Ayam
Bahan-bahan yang dibutuhkan saat ingin membuat mie ayam diantaranya adalah kecap asin, bawang goreng, daun sawi hijau atau caisin, mie basah, kecap manis, saus, sambal cabai, daun bawang, daging ayam, kaldu ayam dan penyedap rasa.

Baca juga  Cara Membuat Mie Ayam Warna-warni yang Sehat dan Lezat
Cara Membuat Mie Basah Sendiri
Mie basah biasanya terbuat dari tepung terigu. Tidak sulit untuk membuatnya.

Pertama-tama siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan.

250 gr tepung terigu protein tinggi
2 sdm tepung tapioka / sagu
1 btr telur
1 sdt garam
2-3 sdm minyak goreng
air untuk merebus
Cara untuk membuat mie basah sendiri di rumah:

Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka, aduk hingga rata. Akan lebih baik jika pencampuran dilakukan sambil diayak, sehingga kedua jenis tepung bisa tercampur merata
Masukkan telur dan garam. Aduk rata kemudian uleni adonan hingga menggumpal dan setengah kalis. Ciri-ciri adonan telah kalis adalah adonan tidak lengket di tangan. Tapi tidak perlu sampai kalis untuk adonan mie basah, karena adonan akan digiling nantinya
Giling adonan di gilingan mie berulang kali hingga adonan halus dan kalis. Giling mulai dari ketebalan paling tebal hingga ketebalan kurang lebih 2mm. Biasanya, menggunakan ukuran penggilingan nomor 1 hingga nomor 4.
Setelah adonan halus, potong menggunakan gilingan pemotong mie dengan ukuran standar. Agar lembaran mie tidak saling menyatu satu sama lain, taburi mie menggunakan tepung tapioka atau tepung terigu.
Siapkan panci, didihkan air bersama dengan 2 sendok makan minyak goreng. Setelah mendidih, masukkan mie dan rebus mie hingga matang atau selama kurang lebih 3 menit.
Setelah 3 menit, angkat mie segera agar tidak melar, kemudian tiriskan.
Beri 1-2 sendok makan minyak goreng untuk menjaga mie tetap lembab. Kini mie basah  sudah siap digunakan.

sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-mie-ayam/

Cara Membuat Es Krim Sederhana Rumahan


Alat untuk Membuat Es Krim
Jika kamu ingin membuat es krim sendiri di rumah, alat yang digunakan tidaklah terlalu rumit dan sulit, memanfaatkan peralatan yang sudah ada juga bisa kok.

Peralatan yang utama tentu saja adalah freezer, alat ini tentu saja digunakan untuk mendinginkan adonan es krim agar menjadi es krim. Alat-alat lainnya yang dibutuhkan seperti mixer, baskom, sendok, spatula, dan alat-alat kecil yang tentu sudah ada di dapur.

Atau, kalau kamu tidak punya freezer misalnya, kamu bisa menggunakan cara yang tradisional kok, dengan mamakai es batu dan wadah dari logam. Caranya, tinggal kamu letakkan es batu yang dicampur dengan garam krosok dalam sebuah wadah yang besar, kemudian masukkan adonan es krim ke dalam wadah dari logam atau bisa juga plastik.

Lalu, tempat adonan es krim tinggal diputar-putar sampai adonan berubah menjadi padat dan dingin seperti es krim.

Baca juga  Pisang - Manfaat, Jenis, dan Informasi Penting Lainnya
Alat lain yang bisa kamu gunakan selain beberapa yang sudah disebutkan di atas adalah mesin pembuat es krim, atau bahasa kerennya ice cream maker.

Cara Membuat Es Krim Rumahan Sederhana
Adonan Es Krim Manis

 

Setelah memelajari sedikit tentang bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat es krim, sekarang kita belajar bagaimana cara membuatnya. Catat bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan.

Bahan
Susu putih cair sebanyak 500 ml
Telur ayam yang banyaknya 2 butir
Gula pasir 200 gram saja
Coklat bubuk 3 sendok makan
Vanili bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Cara Membuat
Pisahkan terlebih dahulu kuning telur dari putihnya, dan tempatkan di wadah yang berbeda.
Campurkan kuning telur dan gula, aduk menggunakan mixer sampai warnanya menjadi pucat dan mengembang.
Dalam wadah lain yang terdapat putih telur, campurkan vanili bubuk dan garam. Aduk menggunakan mixer sampai rata dan mengembang.
Setelah itu, campurkan adonan kuning telur dan putih telur, aduk sampai tercampur rata.
Kemudian masak adonan tersebut sampai matang lalu kecilkan api.
Siapkan wadah, campurkan susu cair dan coklat bubuk, aduk sampai rata.
Masukkan campuran susu cair dan coklat ke dalam adonan telur yang dimasak tadi, aduk sampai semua bahan menyatu dan tercampur rata.
Masak kembali sampai mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.
Jika sudah dingin, tuangkan adonan ke dalam cup es krim, lalu masukkan ke dalam freezer, diamkan semalaman atau sampai adonan membeku.
Es krim rumahan sudah siap disajikan.
Cara Membuat Es Krim Goreng
Peluang Usaha Es Krim Goreng Enak

Ini beneran ya? Masak ada es krim digoreng sih?

Es krim goreng memang ada beneran lho, ini merupakan salah satu varian es krim yang memiliki keunikan tersendiri. Lapisan kulit luarnya renyah, dengan es krim yang lembu dan dingin di dalamnya.

Walaupun di goreng, es krim goreng tetap tidak meleleh karena dilapisi dengan roti, sehingga ketika digoreng, es krim akan terlindungi dan tetap membeku.

Dari pada penasaran, sekarang kita akan membuat es krim goreng dengan saus stroberi.

Bahan Es Krim
Tepung terigu sebanyak 50 gram yang sudah diayak terlebih dahulu
Tepung rotu sebanyak 50 gram yang sudah diayak terlebih dahulu
Es krim coklat yang banyaknya 250 gram
Roti kupas sebanyak 6 lembar
Telur ayam 1 butir
Bahan Saus Stroberi
Stroberi segar, 250 gram
Gula pasir, 50 gram
Jeruk lemon, 1 buah
Cara Membuat
Pertama, kita buat kulit es krim goreng terlebih dahulu.
Ambil selembar roti kupas, lalu pipihkan, letakkan es krim coklat di atasnya.
Bentuk roti menjadi seperti bolat, dan bungkus menggunakan aluminium foil agar bentuknya tetap bulat seperti bola.
Masukkan ke dalam freezer selama beberapa menit.
Jika sudah cukup lama dan es krim sudah dingin kembali, keluarkan dari freezer dan buka aluminium foilnya.
Gulingkan dalam tepung terigu, lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi telur yang sudah dikocok lepas.
Setelah itu, masukkan ke dalam tepung roti.
Jika permukaan sudah tertutup semua, masukkan kembali ke dalam freezer dan diamkan selama 30 menit.
Panaskan minyak, lalu goreng es krim menggunakan api kecil sampai warnanya kuning keemasan, setelah itu angkat dan tiriskan.
Cara Membuat Saus Stroberi
Cuci terlebih dahulu stroberi, kemudian potong-potong menjadi kecil.
Masukkan stroberi ke dalam panci, tambahkan gula dan air lemon.
Masak di atas api sedang sambil diaduk sampai mendidih.
Setelah itu, angkat dan dinginkan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Siomay Ikan Kakap

Cara Pembuatan Nata de Coco yang Praktis

Peluang Usaha Kopi Franchise yang Menguntungkan